Kamis, 05 November 2009

Bank Soal

SOAL UJIAN NASIONAL ANTROPOLOGI UTAMA 2008


1.Tabel di bawah ini yang menunjukkan perbedaan wujud budaya antara idea dan hasil karya adalah ….
Idea Hasil Karya
A. bersifat abstrak berupa kebendaan
B. bersifat permanen berupa kebendaan
C. berupa tata kelakuan bersifat kengkrit
D. berupa tindakan bersifat pedoman
E. dapat dikenali dapat dirasakan

2. Contoh-contoh wujud budaya lokal :
1. Memakai pakaian ulos
2. Mengadakan upacara nyadran
3. Mengikir giginya ketika beranjak dewasa
4. Mengadakan upacara sekaten
5. Melakukan pola patrilinial
Yang merupakan budaya lokal pada masyarakat Bali dan Yogya adalah ….
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 3 dan 5
E. 4 dan 5

3. Arus difusi budaya sangat kuat di era globalisasi saat ini dan dapat berdampak terhadap budaya lokal, termasuk mempengaruhi kemajemukan budaya masyarakat, karena ….
A. penetrasi budaya lokal secara paksa
B. menyebabkan adanya pergeseran budaya
C. penolakan budaya asing oleh masyarakat
D. terjadinya kemunduran pada budaya lokal
E. disintegrasi masyarakat semakin meluas

4. Bapak Arifin seorang muslim, ia mengadakan pengajian tahlil dalam rangka memperingati hari ke-40 salah satu anggota keluarganya yang telah meninggal dunia. Contoh tersebut menunjukkan adanya percampuran budaya Islam dan Hindu. Proses percampuran budaya tersebut menunjukkan telah terjadinya ….
A. Asimilasi
B. Akomodasi
C. Sintesa
D. Sosialisasi
E. Akulturasi

5. Keragaman budaya Indonesia mempunyai pengaruh positif dan negatif dalam kehidupan masyarakat. Contoh pengaruh negatif keragaman budaya pada masyarakat adalah ….
A. Bangsa Indonesia tidak memilki budaya nasional
B. menipisnya identitas budaya yang dimiliki bangsa
C. berkembangnya budaya lokal di Indonesia
D. munculnya konflik karena orientasi budaya yang berbeda
E. dimanfaatkan sebagai sumber inspirasi pengembangan budaya

6. Marini seorang bocah balita selalu meniru apa yang dilihat dan didengar di sekitarnya. Tindakan Marini merupakan proses belajar dan penyesuaian diri terhadap adat, norma, dan semua aturan dalam lingkungannya. Dari contoh tersebut dapat disimpulkan bahwa Marini sedang menjalani proses ….
A. Enkulturasi
B. Internalisasi
C. Adaptasi
D. Asimilasi
E. Sosialisasi

7. Dinamika kebudayaan terjadi karena adanya proses ….
A. Interaksi sosial
B. Status sosial
C. Peranan sosial
D. Ketidaksamaan sosial
E. Solidaritas sosial

8. Perhatikan contoh kebudayaan tersebut !
1. Kebudayaan India
2. Kebudayaan Hindu
3. Kebudayaan Islam
4. Kebudayaan Portugis
5. Kebudayaan Belanda
Dari contoh di atas, yang termasuk penetration pasifique (masuknya budaya secara damai) ke Nusantara adalah nomor ….
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 5
C. 2, 3, dan 5
D. 2, 4, dan 5
E. 3, 4, dan 5

9. Perhatikan pernyataan berikut !
1. Belajar kelompok
2. Belajar melalui telivisi
3. Belajar dengan sistem modul
4. Belajar melalui internet
5. Belajar di perpustakaan
Dari pernyataan tersebut, yang merupakan contoh inovasi dalam bidang pembelajaran adalah ….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
E. 3 dan 5

10. Pada masyarakat Betawi sejak kanak-kanak sudah dibiasakan mengaji pada ustadz-ustadz kampung setempat. Hal ini merupakan salah satu contoh proses pewarisan budaya melalui ...
A. Keluarga
B. Masyarakat
C. Orang tua
D. Teman sepermainan
E. Lembaga agama

11. Berikut ini merupakan peranan lembaga adat dalam pewarisan budaya adalah ….
A. Mensosialisasikan norma atau aturan yang berlaku
B. Mewajibkan untuk mengamalkan perbuatan-perbuatan yang baik
C. Membentuk anak menjadi pribadi yang utuh dan berkelakuan baik
D. Mendidik anak menjadi cerdas dalam menguasai ilmu pengethuan
E. Mengajarkan pola hidup yang hemat dengan prinsip-prinsip ekonomi

12. Media massa elektronik yang sangat dominan mempengaruhi kepribadian seorang anak dan berdampak dalam perkembangan tingkat kedewasaan anak adalah ….
A. Koran
B. Televisi
C. Majalah
D. Radio
E. Handpone

13. Dalam proses sosialisasi individu melakukan penyesuaian diri dengan lingkungan sosialnya, sedangkan dalam proses enkulturasi individu ….
A. menyesuaikan diri dengan lingkungan budayanya
B. menghasilkan kepribadian yang selaras dan seimbang
C. menikmati kehidupan yang hangat dalam masyarakat
D. yang mengalami kesulitan dalam proses sosialisasi
E. menyesuaikan diri dengan lingkungan sosial

14. Perhatikan table berikut !
No.Faktor Pendorong Integrasi Faktor Penghambat Integrasi
A.Adanya faktor sejarah Sumpah Pemuda Militer yang kuat
B. Rasa cinta tanah air Paham etnosentrisme
C.Pendidikan rakyat rendah Sikap prasangka
D.Tidak adanya bahasa nasional Wilayah Negara yang luas
E. Adanya symbol persatuan negara
Yang merupakan faktor pendorong dan faktor penghambat integrasi nasional adalah ….
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
E. 4 dan 5

15. Bahasa selain sebagai alat komunikasi, juga berperan untuk mewujudkan dan mempertahankan integrasi nasional, karena ….
A. Bahasa Indonesia menjadi bahasa pengantar
B. Bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi Negara
C. dalam pendidikan digunakan Bahasa Indonesia
D. Bahasa Indonesia merupakan bahasa pergaulan
E. Bahasa Indonesia menjadi bahasa perjuangan

16. Dilihat dari fungsinya bahasa mempunyai dua fungsi yaitu fungsi bahasa secara umum dan secara khusus. Salah satu fungsi bahasa secara khusus adalah untuk tujuan praktis, yaitu sebagai alat untuk ….
A. mengadakan adaptasi
B. mengekpresikan jiwa
C. memuaskan rasa estetika manusia
D. mempelajari ilmu pengetahuan
E. mengadakan hubungan dalam pergaulan

17. Ketika orang-orang berbicara, ada yang mengatakan Jakarta, ada yang mengatakan Jakarte, kita-kite, berapa-berapo, siapa-siapo. Dari cara tersebut dapat disimpulkan
A. adanya kaitan antara bahasa dengan dialek
B. tidak ada hubungan antara bahasa dengan dialek
C. ada hubungan khusus antar individu dengan dialek
D. menunjukkan hubungan antara daerah dan bahasa
E. bahasa terpengaruh oleh situasi

18. Fungsi tradisi lisan yang berhubungan dengan integrasi nasional adalah ….
A. sebagai alat bantu proses pendidikan
B. meningkatkan persatuan dan kesatuan
C. alat pegesahan budaya secara kolektif
D. sebagai pencerminan angan-angan masyarakat
E. sebagai kekayaan yang dimiliki suatu masyarakat

19. Perhatikan pernyataan berikut !
1. Paparannya panjang lebar dalam menggunakan bahasa
2. Carita peristiwa yang benar-benar terjadi yang ditulis dalam sejarah
3. Penutur cerita berimprovisasi dengan memperbesar peran tokoh yang disukai
4. Menggunakan pola susunan baku yang ditulis secara sistimatis
5. Dengan gaya cerita pembawanya menambah kelucuan sesuai selera pendengarnya
Dari pernyataan di atas yang merupakan ciri-ciri tradisi lisan adalah….
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 2 dan 4
C. 1, 3 dan 5
D. 2, 4 dan 5
E. 3, 4 dan 5

20. Berikut ini urutan tahapan masa perkembangan seni sastra di Indonesia adalah ….
A. Sastra Lama, Sastra Peralihan, Sastra Balai Pustaka, Pujangga Baru, Angkatan 45, 66, 70
B. Sastra Balai Pustaka, Pujangga Baru, Angkatan 45, 66, 70, dan Reformasi
C. Balai Pustaka, Pujangga Baru, Angkatan Sastra Lama Hindu dan Budha
D. Balai Pustaka, Pujangga Baru, Angkatan 45, 66, 70, 80-an, Angkatan Reformasi
E. Sastra Baru, Balai Pustaka, Pujangga Baru, Angkatan 45, 66, 70, dan 80-an, Angkatan Reformasi

21. Seni mempunyai beberapa fungsi dalam kehidupan manusia, fungsi seni yang berhubungan dengan kebutuhan jiwa antara lain untuk ….
A. meningkatkan ketentraman hidup
B. menentukan norma perilaku yang teratur
C. meneruskan adat dan nilai-nilai kebudayaan
D. menambah ikatan solidaritas masyarakat
E. menghilangkan problema-problema sosial

22. Perhatikan ragam seni berikut ini :
1. Prasasti
2. Aksara
3. Naskah
4. Didong
5. Wayang Beber
6. Makyong
Seni dikelompokkan seni wayang, seni sastra, seni pertunjukkan. Yang termasuk seni sastra adalah nomor ….
A. 1, 2, dan 3
B. 2, 3, dan 4
C. 2, 4, dan 6
D. 3, 4, dan 5
E. 3, 5, dan 6

23. Perhatikan gambar berikut !
24. Candi seperti gambar di samping merupakan bangunan peninggalan zaman ….

25. Perbedaan arsitektur bangunan candi masa Hindu dan masa Budha adalah ….
A. puncak candi Hindu runcing, sedangkan candi Budha tumpul
B. relief candi Hindu lebih detail, pada candi Budha lebih sederhana
C. material candi masa Hindu halus, sedangkan pada candi Budha kasar
D. candi Budha menggunakan perekat semen sedangkan candi Hindu tidak
E. bangunan candi Budha menyebar sedangkan candi Hindu terpusat

26. Pertunjukan Tari Tortor sebagai sarana ritual bermakna untuk ….
A. Menyambut tamu Negara
B. Menolak malapetaka
C. Menyambut kedatangan roh leluhur
D. Menyambut para pejabat
E. Menyambut kedatangan raja

27. Contoh seni pertunjukkan yang berfungsi sebagai sarana penanaman nilai-nilai moral masyarakat adalah ….
A. Barongsai
B. Wayang Wong
C. Serampang Dua Belas
D. Reog Ponorogo
E. Pantomin

28. Seni pertunjukkan daerah Jawa Barat yang berhubungan dengan pewarisan nilai-nilai moral masyarakat adalah ….
A. Wayang Golek
B. Wayang Orang
C. Jaipong
D. Angklung
E. Calung

29. Tarian terkenal yang berasal dari Jawa Barat adalah tari ….
A. Barongsai
B. Gambyong
C. Jaipongan
D. Lilin
E. Pendet

30. Totemisme adalah suatu kepercayaan yang menganggap ….
A. Binatang-binatang tertentu memiliki kekuatan magis
B. Bahwa benda-benda tertentu dianggap keramat
C. Roh-roh memiliki kekuatan ghaib
D. Dewa-dewa merupakan pengganti tuhan
E. Adanya kekuatan angin dan benda-benda ghaib

31. Kepercayaan polytheisme adalah kepercayaan yang menyembah kepada dewa-dewa, sedangkan kepercayaan monotheisme menyembah ….
A. Dewa langit
B. Dewa angin
C. Tuhan Maha Esa
D. Dewa matahari
E. Dewa laut

32. Perbedaan agama wahyu dengan agama bumi adalah ….
A. Agama wahyu konsep ketuhanan tidak monotheisme, agama bumi konsep ketuhanan monotheisme
B. Agama wahyu disampaikan oleh rasul utusan Tuhan, agama bumi tidak disampaikan oleh rasul
C. Agama wahyu tidak disampaikan oleh rasul dan agama bumi disampaikan oleh rasul
D. Agama wahyu ajarannya tahan uji dan kritik, agama bumi ajarannya tahan uji terhadap akal
E. Agama wahyu dapat terpengaruh oleh rombakan masyarakat penganutnya, agama bumi tidak terpengaruh oleh perubahan masyarakat

33. Perhatikan dampak dari perilaku keagamaan berikut ini !
1. Fanatisme yang berlebihan
2. Fanatisme yang bijak dan terkendali
3. Ketekunan dalam menjalankan ajaran agama
4. Kesombongan religious yang berlebihan
5. Pemaksaan kehendak terhadap orang lain
Yang merupakan dampak negatif perilaku keagamaan adalah ….
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 5
C. 1, 4, dan 5
D. 2, 4, dan 5
E. 3, 4, dan 5

34. Perhatikan pernyataan berikut ini !
1. Pemberian sesaji untuk para roh
2. Di sekitar tempat tinggal manusia banyak roh
3. Penyembelihan hewan qurban untuk para roh
Pernyataan tersebut merupakan ciri-ciri kepercayaan ….
A. Totemisme
B. Animisme
C. Dinamisme
D. Polytheisme
E. Pantheisme

35. Agama dalam kehidupan bermasyarakat memiliki fungsi pemersatu. Hal ini dapat dibuktikan karena agama ….
A. Merupakan pedoman masyarakat dalam berperilaku
B. Membimbing manusia untuk menuju ke arah keselamatan
C. Mengajarkan kaidah-kaidah pengendalian diri
D. Mengajarkan manusia untuk hidup rukun dengan sesama
E. Merupakan alat bagi umat manusia untuk hidup teratur

36. Pengetahuan astronomi menjadi budaya masyarakat petani tradisional sejak dahulu kala, yang dimanfaatkan untuk ….
A. Penentuan masa tanam
B. Penentuan hari pesta
C. Pertanda adanya murah pangan
D. Pertanda akan adanya paceklik
E. Pertanda datangnya bahaya

37. Memudarnya nilai-nilai sosial dan norma-norma sosial dalam masyarakat merupakan salah satu contoh dampak negatif dari ….
A. rendahnya mutu pendidikan
B. perkembangan IPTEK
C. terhambatnya komunikasi
D. terhambatnya industri
E. perubahan kebudayaan

38. Perhatikan ciri-ciri arsitektur bangunan !
1. Fondasi tiang dinaikkan
2. Pemanjangan bumbungan atap
3. Memakai kerangka besi
4. Memakai ubin
5. Menggunakan teralis-teralis
Yang menjadi cirri arsitektur bangunan masyarakat tradisional adalah ….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 5
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4
E. 4 dan 5

39. Peranan IPTEK dalam bidang pendidikan antara lain ….
A. meningkatkan mutu sumber daya manusia
B. meningkatkan kesejahteraan rakyat
C. menciptakan lapangan kerja di masyarakat
D. menimbulkan kehidupan yang serba praktis
E. menciptakan sarana prasarana modern

40. Adanya kemajuan IPTEK para petani dapat memanen hasil pertaniannya setahun dua kali dengan hasil yang baik. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan ….
A. metode sengkedan
B. tumpang sari
C. sawah tadah hujan
D. bibit unggul dan irigasi
E. tanam gilir




















UJIAN NASIONAL ANTROPOLOGI SUSULAN 2008

1. Perhatikan ciri wujud budaya berikut ini !
NO Wujud Idea Wujud hasil karya
1 Dapat diraba Bersifat abstrak
2 Dapat difoto Berupa cita-cita
3 Berupa tata kelakuan Bersifat abstrak
4 Bersifat kongkrit Tidak dapat difoto
5 Berupa kebendaan Dapat dilakukan dalam tindakan
Yang merupakan ciri wujud budaya idea dan wujud hasil karya adalah nomer…
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 2 dan 5
E. 4 dan 5

2. Subak merupakan suatu contoh sistem budaya tradisional daerah Bali, yang berfungsi sebagai…
A. Pelestarian budaya
B. Pengatur irigasi
C. Sarana pergaulan
D. Kontrol sosial
E. Pewarisan budaya

3. Budaya asing yang masuk ke Indonesia tidak bisa kita tolak semua ataupun kita ambil semua, tetapi kita harus selektif karena ada pengaruh yang positif dan negatif. Salah satu contoh pengaruh positifnya adalah…
A. Egoisme
B. Individualistis
C. Hedonis
D. Sportifitas
E. Materialistis

4. Kebudayaan masyarakat selalu mengalami perubahan karena bersifat dinamis. Perubahan budaya dapat menghasilkan asimilasi. Faktor pendorong terjadinya asimilasi adalah…
A. Adanya sikap tertutup dari golongan penguasa
B. Adanya perkawinan campuran (amalgamasi)
C. Kurangnya pengetahuan tentang kebudayaan luar
D. Terisolasinya kehidupan suatu golongan tertentu
E. Adanya perbedaan unsur-unsur kebudayaan

5. Perhatikan pernyataan berikut :
1. Konflik antar masyarakat
2. Masuknya pengaruh budaya asing
3. Memperkaya budaya nasional
4. Lunturnya budaya nasional
5. Munculnya mayoritas dan minoritas
Dari pertanyaan di atas yang merupakan dampak negatif kemajemukan budaya masyarakat Indonesia adalah…
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 4
C. 1, 4, dan 5
D. 2, 4, dan 5
E. 3, 4, dan 5

6. Manusia pada dasarnya berperan dalam proses dinamika budaya. Hal ini nampak dalam kehidupannya mulai dari sejak kecil hingga akhir hayatnya. Urutan proses pembentukan kepribadian dalam dinamika budaya tersebut adalah…
A. Internalisasi-Difusi-Asimilasi
B. Difusi-Asimilasi-Sosialisasi
C. Sosialisasi-Asimilasi-Enkulturasi
D. Enkulturisasi-Sosialisasi-Internalisasi
E. Enkulturasi-Internalisasi-Asimilasi

7. Budaya suatu masyarakat mengalami dinamika yang berlangsung terus-menerus. Hal ini dapat terjadi karena adanya…
A. Unsur yang tertanam kuat dalam masyarakat (vested interes)
B. Interaksi sosial antar anggota masyarakat
C. Adanya ideologi sebagai pedoman hidup
D. Kebiasaan masyarakat secara turun-temurun
E. Keterlambatan perkembangan ilmu pengetahuan

8. Tidak semua unsur budaya asing dapat diterima oleh masyarakat setempat. Contoh proses penetrasi budaya yang bisa diterima secara damai oleh masyarakat adalah…
A. Masuknya ajaran budaya Islam di Indonesia
B. Diterimanya unsur budaya asing dari penjajah
C. Sikap kontroversi terhadap budaya asing
D. Dominasi budaya lokal oleh masyarakat
E. Diterimanya unsur budaya akibat peperangan

9. Inovasi merupakan salah satu faktor dinamika budaya. Contoh inovasi di bidang pendidikan adalah…
A. Menyelenggarakannya ujian kesetaraan
B. Menerapkan metode belajar yang tepat
C. Melaksanakan ujian nasional
D. Menambah sarana pendidikan
E. Menyempurnakan kurikulum pendidikan

10. Pertunjukan wayang kulit dapat digunakan sebagai media sosialisasi nilai dan norma. Dalam hal ini seni pertunjukan berfungsi sebagai saluran…
A. Pewarisan budaya pada masyarakat tradisional
B. Pelestarian budaya pada masyarakat pedesaan
C. Pengembangan kesenian daerah-daerah tertentu
D. Identitas budaya pada masyarakat tradisional
E. Karakteristik seni budaya yang masih klasik

11. Proses pewarisan budaya terbagi menjadi dua jenis, yaitu pewarisan budaya secara tradisional dan pewarisan budaya secara modern. Media pewarisan budaya secara tradisional yang pertama kali membentuk kepribadian anak adalah…
A. Situasi sekolah
B. Lingkungan keluarga
C. Lingkungan kerja
D. Organisasi sosial
E. Teman bermain

12. Sebagai sarana pewarisan budaya, media masa memiliki peran yang besar dalam kehidupan masyarakat sebab…
A. Menumbuhkan semangat patriotisme setiap individu
B. Dapat mempercepat perkembangan budaya masyarakat
C. Meningkatnya cakrawala berfikir setiap individu
D. Mendorong terjadinya pergeseran nilai budaya di masyarakat
E. Mempercepat proses perkembangan pembangunan

13. Berdasarkan table berikut yang membedakan antara enkulturasi dengan sosialisasi adalah…
Enkulturasi Sosialisasi
A. Penerimaan nilai dan norma A. Proses belajar kebiasaan sepanjang hayat
B. Proses memasyarakatkan diri B.Proses pembudayaan seorang individu dari lahir hingga dewasa
C. Berlangsungnya sejak kecil sampai dewasa
D. Proses pembudayaan individu ke dalam
kebudayaan kelompoknya
E. Proses perkembangan kepribadian individu

C. Proses penanaman nilai-nilai budaya sejak dini
D. Proses belajar menyesuaikan diri terhadap lingkungan sosialnya
E. Proses mempertahankan kepribadian individu

Yang menunjukkan faktor pendorong dan penghambat integrasi nasional adalah nomor …
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

14. Perhatikan tabel di bawah ini !
Pendorong
Penghambat
1. Kondisi masyarakat yang heterogen
2. Negara kepulauan
3. Rasa senasib dan seperjuangan
4. Ketidakmerataan pembangunan dan hasilnya
5. Adanya ancaman/gangguan dari dalam dan luar
1. Peringatan hari sumpah pemuda
2. Rasa patriotism tinggi
3. Sikap etnosentris yang kuat
4. Adanya consensus nasional mempertahankan NKRI
5. Stabilitas nasional yang kuat

15. Bahasa Indonesia sangat berperan dalam mewujudkan integrasi nasional karena…
A. Merupakan sarana komunikasi anggota masyarakat
B. Berfungsi untuk menjalin persatuan dan kesatuan
C. Bahasa sebagai alat penyampai pesan
D. Bahasa Indonesia identik dengan bangsa Indonesia
E. Menjadi simbul bangsa dan pedoman tingkah laku

16. Bahasa Indonesia sekarang ini berhasil mengembangkan nilai-nilai kebudayaan bangsa. Fungsi khusus bahasa Indonesia selain untuk tujuan artistik juga untuk tujuan filosofis, yaitu sebagai…
A. Alat pemersatu berbagai suku bangsa
B. Alat komunikasi masyarakat berbagai daerah
C. Alat untuk mempelajari naskah-naskah kuno
D. Alat untuk mengekspresikan aspek kejiwaan
E. Lambang kebanggaan nasional

17. Si Somad orang Betawi, si Parto orang Jawa. Dalam mengucapkan kata siapa, si Somad mengucapkan dengan kata ‘siape’. Sedangkan si Parto ‘sopo’. Pengucapan tersebut menunjukkan adanya perbedaan…
A. Logat
B. Bahasa daerah
C. Tutur kata
D. Linguistik
E. Dialek

18. Tradisi lisan diwariskan dari para leluhur untuk generasi selanjutnya serta digunakan sebagai bekal hidup, sebab…
A. Terdapatnya unsur penting yang dapat digunakan sebagai pedoman hidup
B. Dapat berfungsi sebagai sarana hiburan bagi kehidupan masyarakat
C. Sebagai penyalur sikap dan pandangan hidup masyarakat
D. Berfungsi sebagai sarana pewarisan nilai budaya masyarakat
E. Disampaikan secara lisan kepada anggota-anggota masyarakat

19. Perhatikan pernyataan berikut!
1. Wujud cerita, dongen,mite, legenda cerita kepahlawanan
2. Berisi cerita sejarah dari zaman raja-raja di nusantara
3. Berasal dari generasi sebelum generasi sekarang
4. Dalam penyampaiannya menggunakan deskripsi yang tertulis
5. Impromisasi pembawanya menambah kelucuan cerita

Yang merupakan ciri tradisi lisan adalah nomor ….
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 1, 3, dan 5
D. 2, 4, dan 5
E. 3, 4, dan 5

20. Perkembangan seni sastra di Indonesia yang lebih produktif dari segi hasil karya adalah…
A. Sastra peralihan
B. Sastra baru
C. Sastra lama
D. Sastra Hindu
E. Sastra Islam

21. Seni tumbuh dan berkembang sejalan dengan perkembangan sejarah budaya manusia dan memberikan manfaat bagi kehidupan kejiwaan manusia. Oleh karena itu, seni berfungsi sebagai…
A. Alat untuk mengadakan adaptasi sosial
B. Kunci dalam mempelajari ilmu-ilmu lain
C. Penambah kenikmatan hidup sehari-hari
D. Pemupuk persaudaraan di kalangan umat manusia
E. Bukti tingginya budaya suatu bangsa

22. Seni dapat digolongkan menjadi seni lisan dan seni tertulis. Berikut ini yang merupakan seni lisan adalah…
A. Folklore, dongng, dan kisah
B. Dongeng, kisah, dan sastra
C. Prasasti, aksara, dan mitos
D. Naskah, folklore, dan dongeng
E. Aksara, kisah, dan prasasti

23. Gambar di samping merupakan bentuk rumah adat dari masyarakat…
A. Minangkabau
B. Dayak
C. Jawa
Rumah Adat
D. Sunda
E. Riau

24. Perhatikan gambar berikut !
Gambar candi 1 2 3 4 5
A. 1 dan 2
B. 1 dan 5
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4

25. Ciri khas dari seni rupa bercorak Hindu adalah…
A. Terdapatnya patung Budhisatwa
B. Adanya padma teratai
C. Terdapatnya kaligrafi
D. Terdapatnya Dewa Trimurti
E. Adanya Makara

26. Seni pertunjukan tabuik pada masyarakat suku Minangkabau yang berfungsi sebagai sarana ritual memiliki makna…
A. Menyambut tahun baru Islam
B. Memperingati gugurnya pahlawan
C. Memperingati bulan Ramadhan
D. Menyambut kedatangan raja
E. Menyambut kedatangan pengantin

27. Contoh seni tari pertunjukan yang berfungsi sebagai sarana penanaman nilai-nilai moral adalah…
A. Tari Tayub
B. Tari Seudati
C. Tari Jaipong
D. Tari Merak
E. Tari Ronggeng Melayu

28. Seni pertunjukan berkembang di berbagai daerah. Berikut ini yang termasuk seni pertunjukkan dari daerah Jawa Barat adalah…
A. Wayang Golek
B. Wayang Gedog
C. Wayang Wong
D. Reog
E. Mak Yong

29. Wayang dalam perkembangannya muncul berbagai jenis wayang, diantaranya adalah Wayang Gedog. Wayang tersebut diciptakan oleh Sunan Giri yang berfungsi sebagai media syiar Islam, sumber ceritanya dari kisah…
A. Mahabatara
B. Ramayana
C. Panji
D. menak
E. Damarwulan

30. Totemisme adalah suatu kepercayaan dari sekelompok manusia yang mengakui adanya kekuatan…
A. Binatang yang dikeramatkan
B. Matahari, bulan, dan angin
C. Tumbuh-tumbuhan sebagai obat penyakit
D. Patung yang memiliki kekuatan gaib
E. Magis dari berbagai gejala alam

31. Agama dan kepercayaan memberi warna dalam perilaku umatnya. Polytheisme adalah suatu kepercayaan yang mengakui…
A. Adanya satu Tuhan tertentu
B. Dewa langit, angin, laut dan bumi
C. Pada benda-benda berkekuatan gaib
D. Tempat-tempat mempunyai roh
E. Setiap benda mempunyai roh nenek moyang

32. Salah satu ciri agama bumi adalah…
A. Konsep ketuhanannya monotheisme
B. Dapat terpengaruh oleh perubahan masyarakat
C. Disampaikan oleh Rasul-Rasul Tuhan
D. Mempunyai kitab suci yang diyakini
E. Tidak terpengaruh oleh perubahan masyarakat

33. Contoh perilaku keagamaan yang positif adalah…
A. Mempelajari seluruh ajaran agama yang ada
B. Turut mengamalkan ajaran agama yang lain
C. Mengikuti upacara keagamaan agama lain
D. Memadukan ajaran agama dengan budaya setempat
E. Melakukan dialog antarumat beragama

34. Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1. Adanya kekuatan gaib yang bersumber dari kekuatan alam
2. Percaya pada roh halus yang baik dan yang jahat
3. Ada sesaji dan tempat yang dianggap keramat
4. Percaya roh gaib yang berasal dari manusia yang sudah meninggal
5. Kekuatan gaib yang berasal dari binatang yang sudah mati

Yang merupakan unsur kepecayaan dinamisme adalah ….
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 5
C. 1, 4, dan 5
D. 2, 3, dan 4
E. 3, 4, dan 5

35. Pernyataan di bawah ini merupakan sarana yang dapat mendorong proses integrasi nasional adalah…
A. Agama dapat mempersatukan umat agama yang berbeda-beda untuk menjadi penganut agama yang sama
B. Melalui ajaran agama dapat menjadikan batin umatnya tenteram sehingga dapat berpikir sehat untuk menghadapi permasalahan
C. Agama mengajarkan konsep-konsep dosa dan pahala yang dapat mengendalikan tindakan pemeluknya dalam kehidupan masyarakat
D. Agama memberikan pedoman perilaku manusia berupa perintah dan larangan untuk mendapatkan keselamatan
E. Melalui agama dapat membangun dan memelihara solidaritas sosial diantara pemeluk-pemeluknya dan antarumat beragama

36. Ilmu perbintangan atau astronomi yang dikenal bangsa Indonesia sejak zaman dahulu digunakan untuk keperluan…
A. Menentukan perjalanan seseorang
B. Menentukan perbedaan waktu
C. Melakukan pemujaan terhadap roh halus
D. Menentukan pergantian musim
E. Menentukan musim bercocok tanam

37. IPTEK berpengaruh dalam kehidupan masyarakat baik secara positif maupun negatif. Pengaruh positif IPTEK adalah…
A. Sikap masa bodoh
B. hilangnya rasa toleransi
C. Rasa iri dan cemburu
D. Memancarkan optimis memasyarakat
E. hilangnya rasa gotong royong

38. Perhatikan pernyataan berikut!
1. Fondasi tiang dinaikkan
2. Pemanjangan bumbungan atap
3. Teknik kontruksi alami

Pernyataan tersebut merupakan ciri dari ….
A. Bangunan candi
B. Bangunan kuno
C. Arsitektur tradisional
D. Bangunan masjid
E. Peninggalan tradisional

39. Kemajuan IPTEK menyebabkan masyarakat dapat mengetahui perkembangan dunia dengan cepat tanpa harus mengunjungi daerah tertentu. Hal itu dimungkinkan dengan cara mengakses…
A. Televisi
B. radio
C. internet
D. Koran
E. Majalah

40. Sekarang orang-orang tidak perlu lagi mengantri untuk membayar kewajiban seperti PAM, listrik, dan uang kuliah. Hanya dengan menekan nomor tertentu di HP, sekuruh kewajiban terpenuhi perilaku tersebut merupakan bukti digunakannya teknologi tepat guna pada masyarakat…
A. modern
B. pedalaman
C. perkotaan
D. pedesaan
E. tradisional

1 komentar: