Selasa, 15 Desember 2009

RPP Antropologi XII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : ANTROPOLOGI
Kelas/Semester : XII/I
Pertemuan : 1.
Alokasi Waktu : 4 X 45menit
Standard Kompetensi : 1. Memahami Kesamaan dan Keberagaman Seni
Kompetensi Dasar : 1.1. Mengidentifikasi keberagaman bentuk dan perkembangan seni di Indonesia (Seni Rupa, Sastra dan Pertunjukan)

I. Indikator :
1. Mengidentifikasi bentuk seni rupa, seni sastra dan seni pertunjukkan yang berkembang di Indonesia
2. Mendeskripsikan fungsi dari seni rupa, seni sastra dan seni pertunjukkan
3. Memberikan contoh bentuk seni yang berkembang di Indonesia

II. TUJUAN:
1. Siswa dapat Mengidentifikasi bentuk seni rupa, seni sastra dan seni pertunjukkan yang berkembang di Indonesia
2. Siswa dapat Mendeskripsikan fungsi dari seni rupa, seni sastra dan seni pertunjukkan
3. Siswa dapat Memberikan contoh bentuk seni yang berkembang di Indonesia

III. MATERI AJAR:
1. Perkembangan Seni di Indonesia
· Uraian Materi Pokok :
· Bentuk-bentuk seni rupa, seni sastra dan seni pertunjukkan di Indonesia
· Fungsi seni rupa, seni sastra dan seni pertunjukkan
· Contoh bentuk seni yang berkembang di Indonesia


IV. MODEL PEMBELAJARAN :
1. Pemberian tugas
2. Peta konsep
3. Diskusi

V. LANGKAH-LANGKAH

No
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
W AKTU
01.
Kegiatan awal meliputi :
a. Apersepsi
b. Menyampaikan tujuan pembelajaran
c. Membagi tugas ke siswa
d. Membentuk kelompok diskusi 15 menit

02
Setelah melalui kegiatan pertama dan kedua :
1. siswa membuat peta konsep
2. Siswa melakukan diskusi kelompok &
presentasi
3. Siswa membuat laporan hasil presentasi 15 menit
03.
Kegiatan Penutup
1. Guru dan siswa menyimpulkan hasil diskusi
2. Guru memberi ketegasan /kemantapan tentang materi ajar
3. Guru memberi tugas atau metaksanakan evaluasi. 15 menit

VI. ALAT DAN BAHAN /SUMBER BELAJAR :
a. Alat dan Bahan :
Gambar/LKS,OHP, Internet
b. Sumber dan Bahan :
Buku Ilmu Budaya Dasar, M.Habib Mustopo Usaha Nasional, Surabaya, Th 1988 Hal 13-67
Antropologi Jilid 2, W.A Haviland, Erlangga, Thaun 1999. Hal 222-240
Koran , Internet
VII. PENILAIAN :

1. Menjelaskan bentuk seni rupa, seni sastra dan seni pertunjukkan yang berkembang di Indonesia ?
2. Menjelaskan fungsi dari seni rupa, seni sastra dan seni pertunjukkan ?
3. Memberikan contoh bentuk seni yang berkembang di Indonesia ?

Pedoman penilaian :
Setiap soal di jawab dengan benar memiliki skor 10.
1) Nilai UIangan Harian = diperoleh dari jumlah skor yang diperoleh dibagi
Skor minimal dikalikan seratus
2) Nilai Proses Pertilaian didasarkan pada kualitas jawaban siswa selama KBM
Berlangsung.
3) Nilai Tugas: Tugas individu dan kelompok dengan skala 0 - 100 ) Nilai Afektif, aspek yang dinilai :
a. Kehadiran siswa I
b. Keaktifan siswa
c. Tanggung jawab siswa
d. Ketja sarna
e. Ketepatan waktu mengumpulkan tugas
f. Kejujuran
g. Menghargai orang lain

Keterangan :

Nilai = Skor perolehan X 100
Skor minimal
Kreteria :

85 - 100 = A
70 - 84 = B
60 - 69 = C
10 – 59 = D

Malang, 13 Juli 2008
Mengetahui, Guru Pengajar;
Kepala Sekolah;



Drs. SUPA’AT.M.Hum. Drs.WAHYUDI TEGUH S
NIP. 131668208 NIP. 132145520

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar