Selasa, 15 Desember 2009

RPP Antropologi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Pagak
Mata Pelajaran : ANTROPOLOGI
Kelas/Semester : XII/2
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 4 X 45menit
I. Standard Kompetensi : Menganalisis Pengaruh IPTEK Terhadap Penyebaran Bahasa Lokal
II. Kompetensi Dasar : Menganalisis pengaruh IPTEK terhadap masyarakat dan perkembangan budaya
I. Indikator :
1. Mengidentifikasi ciri-ciri ilmu pengetahuan dan teknologi
2. Memaparkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang di masyarakat
3. Menganalisis pengaruh IPTEK terhadap masyarakat dan perkembangan budaya

II. TUJUAN:
1. Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri ilmu pengetahuan dan teknologi
2. Siswa dapat memaparkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang di masyarakat
3. Siswa dapat menganalisis pengaruh IPTEK terhadap masyarakat dan perkembangan budaya

III. MATERI AJAR:
· Materi Pokok :
Pengaruh Ilmu Pengetahuan dan Teknologi terhadap bahasa lokal
· Uraian Materi Pokok :
· Ciri-ciri IPTEK
Ciri Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Ilmu Pengetahuan dan teknologi ibarat sekeping mata uang dengan dua sisi yang nilainya sama karena keduanya berfungsi untuk meningkatkan taraf hidup manusia.
Adapun ciri-ciri ilmu pengetahuan :
1. Memiliki konsep, rumusan, hipotesis, hokum, atau dalil tertentu untuk mengkaji kebenaran ilmiahnya.
2. Bidang kajiannya bersifat terbuka, artinya bisa dipakai oleh siapapun yang berminat.
3. Ilmu pengetahuan bersifat terbuka dalam proses pengkajiannya, pemilikan, penyebarluasan, serta pengaplikasiannya terhadap keentingan-kepentingan praktis bagi kesejahteraan masyarakat.

Teknologi adalah teknik penetahuan untuk membuat atau melakukan sesuatu yang berkaitan dengan produksi. Menurut Sastrapratedja teknologi memiliki ciri-ciri :

1. Rasionalitas artinya bertindak sesuai rencana dengan perhitungan rasional
2. Artifisialitas artinya selalu berbuat sesuatu yang tidak alamiah
3. Otomatisme artinya dalam hal metode, organisasi, dan rumusan dilaksanakan secara otomatis. Juga dapat merubah kegiatan non-teknis menjadi kegiatan teknis
4. Teknik berkembang pada suatu kebudayaan
5. Monisme artinya semua teknik bersatu, saling berinteraksi dan saling bergantung
6. Universalisme artinya mampu melampaui batas-batas kebudayaan dan ideologi, bahkan dapat menguasai kebudayaan.
7. Otonomi artinya teknik berkembang menurut prinsip-prinsip sendiri.

· Macam IPTEK yang berkembang di masyarakat
1. Kesehatan
2. Astronomi
3. Teknologi
4. Perhubungan
5. Arsitektur

· Pengaruh IPTEK terhadap masyarakat dan budaya
1. Pengaruh Positif :
2. Pengaruh Negatif :
a. Sikap, mental, dan etos kerja
Akibat adanya ketidakmerataan pembangunan dan pembagian hasilnya, terjadi kesenjangan dan kecemburuan social di kalangan masyarakat.
1. Sikap masa bodoh dan berpangku tangan akibat frustasi yang berkepanjangan
2. Rasa iri dan cemburu terhadap keberhasilan orang lain yang memicu timbulnya tindakan kriminalitas, prostitusi dll.
3. Hilangnya rasa toleransi dan sikap saling menghormati di masyarakat, yang digantikan dengan sikap agresif dan anarkis. Yang pada puncaknya, sikap semacam itu akan memicu aksi pengrusakan dan kerusuhan massa, konflik SARA dll.
4. Kemajuan IPTEK yang ditandai oleh globalisasi budaya mengakibatkan mulai memudarnya etos gotong royong yang menjadi cirri khas masyarakat Indonesia, diganti sikap egois, mementingkan diri sendiri atau kelompok social sendiri.

b. Kesehatan
Memudarnya pengetahuan masyarakat pada TOGA diganti sistim pengobatan barat, terkadang mengakibatkan buruknya tingkat kesehatan masyarakat, khususnya kalangan masyarakat menengah ke bawah. Hal ini diakibatkan oleh semakin mahalnya biaya pengobatan sehingga tidak terjangkau oleh semua lapisan masyarakat.

c. Ekonomi
Kegiatan pembangunan yang saat ini berlangsung tidak berdasarkan moral dan etika perekonomian rakyat. Jika dibiarkan, hal tersebut akan menimbulkan :
1. Maraknya konsumerisme dan materialisme
2. Merasuknya sikap dan gaya hidup kebarat-baratan(westernisasi)
3. Berkurannya kemandirian karena sentralisasi
4. Munculnya goncangan budaya(cultural shock) yang diakibatkan kurang siapnya masyarakat dalam menerima dan menerapkan pengaruh pembangunan yang tidak berwawasan kerakyatan

d. Perubahan tata nilai
e. Kesenjangan social
f. Kerusakan lingkungan
1. Kemerosotan kualitas dan kwantitas sumber daya alam
2. Pencemaran lingkungn oleh limbah dan bahan berbahaya
3. Meningkatnya lapisan Gas CO2, dan kenaikan suhu bumi
4. Adanya hujan asam
5. Lubang lapisan ozon
6. Bencana banjir
g. Kenakalan remaja dan kriminalitas

IV. MODEL PEMBELAJARAN :
1. Pemberian tugas
2. Peta konsep
3. Diskusi

V. LANGKAH-LANGKAH
No
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
W AKTU
01.
Kegiatan awal meliputi :
a. Apersepsi
b.Menyampaikan tujuan pembelajaran
c. Membagi tugas ke siswa
d. Membentuk kelompok diskusi
15 menit

02
Setelah melalui kegiatan pertama :
1. siswa membuat peta konsep
2. Siswa melakukan diskusi kelompok &
presentasi
3. Siswa membuat laporan hasil presentasi
150 menit
03.
Kegiatan Penutup
1. Guru dan siswa menyimpulkan hasil diskusi
2. Guru memberi ketegasan /kemantapan tentang materi ajar
3. Guru memberi tugas atau metaksanakan evaluasi.
15 menit

VI. ALAT DAN BAHAN /SUMBER BELAJAR :
a. Alat dan Bahan : Gambar/LKS,OHP, Internet
b. Sumber dan Bahan :Buku Antropologi 2, Drs.Taufiq Rohman Dhohiri,M.Si. dkk, Yudistira, Jakarta, Th 2006 Hal 55-68
Antropologi Jilid 2, W.A Haviland, Erlangga, Tahun 1999. Hal 222-240
Koran , Internet
Antropologi untuk SMA kls XII, Nugroho Trisnu Brata,S.Sos.,M.Hum., ESIS-Erlangga, Tahun 2007. Sidoarjo, Hal 52-75
VII. PENILAIAN :
1. Sebutkan ciri-ciri ilmu pengetahuan dan teknologi?
2. Jelaskan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang di masyarakat ?
3. Jelaskan pengaruh IPTEK terhadap masyarakat dan perkembangan budaya?

Pedoman penilaian :
Setiap soal di jawab dengan benar memiliki skor 10.
1) Nilai UIangan Harian = diperoleh dari jumlah skor yang diperoleh dibagi
skor minimal dikalikan seratus
2) Nilai Proses Pertilaian didasarkan pada kualitas jawaban siswa selama KBM
Berlangsung.
3) Nilai Tugas: Tugas individu dengan skala 0 - 100 ) Nilai Afektif, aspek yang dinilai
a. Kehadiran siswa e. Ketepatan waktu mengumpulkan tugas
b. Keaktifan siswa f. Kejujuran
c. Tanggung jawab siswa g. Menghargai orang lain
d. Ketja sama
Keterangan :
Nilai = Skor perolehan X 100
Skor minimal
Kreteria :
85 - 100 = A 60 - 69 = C
70 - 84 = B 10 – 59 = D

Pagak, 5 Pebruari 2009
Mengetahui, Guru Pengajar;
Kepala Sekolah;



Drs. SUPA’AT.M.Hum. Drs.WAHYUDI TEGUH S
NIP. 131668208 NIP. 132145520

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar