Rabu, 30 Desember 2009

SOAL UAN SUSULAN ANTROPLOGI 2008-2009

UJIAN NASIONAL SUSULAN
TAHUN PELAJARAN 2008 – 2009
1.Tarian Pwah Aci pada masyarakat Sunda dilakukan sebagai sarana untuk berterima kasih kepada Dewi Sri. Contoh tersebut merupakan salah satu wujud kebudayaan yang berupa ….
A. Gagasan untuk membuat sesuatu yang ada dalam pikiran manusia
B. perilaku manusia yang menuntut aktivitas manusia
C. dalam bentuk benda-benda hasil karya masyarakat
D. sebagai warisan yang turun -temurun
E. sebagai adat istiadat masyarakat setempat

2.Gambar di samping merupakan salah satu wujud budaya lokal masyarakat Bali yang merupakan seni pertunjukan sacral berfungsi sebagai tari penyambutan ….
A. kedatangan dewata kea lam dunia
B. kedatangan roh-roh leluhur
C. yang ditujukan untuk Kala dan Buta
D. kedatangan pendeta atau sulinggih
E. arwah leluhur yang telah meninggal

3.Kebudayaan asing adalah suatu kebudayaan yang hidup dan dimiliki oleh masyarakat di luar bangsa Indonesia. Kebudayaan asing tersebut dapat berdampak positif dan negatif. Berikut ini yang merupakan contoh pengaruh negatif kebudayaan asing yang akhir-akhir ini sangat meresahkan masyarakat adalah ….
A. kebiasaan merokok di ruang terbuka
B. gaya hidup mengkonsumsi narkoba
C. mengemari makanan siap saji
D. kebiasaan berbelanja di pasar swalayan
E. berkembangnya gaya hidup modern

4.Proses meniru cara bertani yang dibawa oleh para transmigran dari pulau Jawa oleh penduduk setempat, menyebabkan terjadinya perubahan dalam system pertanian di daerah tersebut. Ilustrasi tersebut merupakan contoh proses perubahan budaya yaitu ….
A. sosialisasi
B. asimilasi
C. enkulturasi
D. akulturasi
E. difusi

5.Wujud budaya yang merupakan wujud percampuran budaya yang dilakukan secara damai adalah ….
A.budaya menunggu hujan turun untuk mengairi sawah diganti dengan budaya membuat saluran irigasi
B.pertemuan music blues dari Afrika-Amerika dengan music country dari kebudayaan orang kulit putih Amerika
C.pada masa penjajahan Belanda, orang Indonesia tidak diperbolehkan sekolah sampai jenjang yang tinggi
D.kesenian Gambang Kromong yang berasal dari daerah Jakarta mendapat pengaruh kesenian Portugis
E.perpaduan budaya Indonesia dengan budaya agama Budha yang menghasilkan Candi Borobudur

6.Keragaman budaya di Indonesia dapat memberikan dampak positif atau dampak negatif. Salah satu contoh dampak negatif adanya keragaman budaya adalah berkembangnya sistem nilai dan orientasi religi yang berbeda. Hal tersebut menyebabkan terjadinya ….
A.perubahan struktur social masyarakat
B.perbedaan kepentingan antarwarga
C.kelompok-kelompok didalam masyarakat
D.tawuran pelajar antarsekolah

7.Adanya keragaman budaya di Indonesia dapat mengakibatkan timbulnya konflik. Hal ini dapat dihindari apabila individu atau kelompok dalam masyarakat dapat ….
A.berbicara dengan gaya yang santun
B.menerima dan menghargai orang lain
C.melakukan apa saja sesuai permintaan
D.menyenangi mereka apa adanya
E.menerima kondisi orang lain apa adanya

8.Anak muda yang melakukan pacaan dan menikah tanpa restu orang tua merupakan contoh dinamika budaya yang disebabkan olah ….
A.adanya interaksi dengan masyarakat lain yang memengaruhinya
B.adanya orientasi budaya terhadap sistem dan nilai yang berlaku
C.adanya suatu kebiasaan baru yang diterima masyarakat
D.penyimpangan perilaku terhadap dinamika budaya yang dimiliki
E.perubahan dalam jumlah penduduk dan kondisi social

9.Faktor pendorong yang selalu berubah di dalam dinamika budaya adalah unsur ….
A.bahasa
B.religi
C.teknologi
D.mata pencaharian
E.kesenian

10.Salah satu peranan lembaga adat dalam pewarisan budaya adalah ….
A.mendorong etos kerja pada masyarakat
B.menanamkan nilai dan norma dalam kehidupan masyarakat
C.memproses internalisasi budaya asing dalam masyarakat
D.mengawasi perubahan kebudayaan yang telah ada
E.mempelopori penggunaan bahasa asing dalam masyarakat

11.Perhatikan pernyataan di bawah!
1.memberi bantuan terhadap pencarian identitas moral
2.meningkatkan hubungan dan solidaritas antar kelompok
3.memberikan penafsiran tentang kaidah yang ada
4.sebagai petunjuk dalam kehidupan bermasyarakat
5.memberikan penafsiran dalam menjelaskan keadaan lingkungan fisik dan social
Yang merupakan peranan lembaga agama dalam pewarisan budaya adalah nomor ….
A.1, 2 dan 3
B.1, 2 dan 5
C.1, 3 dan 4
D.2, 3 dan 4
E.3, 4 dan 5

12.Perbedaan peranan keluarga dalam pewarisan budaya pada masyarakat tradisional dengan masyarakat modern adalah ….
Masyarakat Tradisional Masyarakat Modern
A.
B.
C.
D.
E. berlangsung cepat
dilakukan oleh kelompok
dilakukan oleh masyarakat perkotaan
berlangsung pada tahapan sederhana
melalui media massa A.
B.
C.
D.
E. berlangsung lambat
dilakukan oleh orang lain
dilakukan oleh masyarakat desa
berlangsung dengan perkembangan iptek
melalui pertunjukkan wayang

13.Salah satu contoh peranan lembaga pendidikan dalam pewarisan budaya pada masyarakat tradisional adalah ….
A.hanya menumbuhkan etos kerja masyarakat setempat
B.hanya mempertinggi semangat kebangsaan saja
C.mengembangkan kepribadian dan budi pekerti
D.menumbuhkembangkan semangat kebangsaan
E.mendorong penggunaan budaya asing di masyarakat

14.Perhatikan pernyataan berikut!
1.persamaan bahasa
2.fanatisme kelompok atau golongan
3.faktor sejarah
4.intervensi pihak asing
5.ketidakadilan sosial
Yang merupakan faktor penghambat integrasi nasional adalah nomor ….
A.1, 2 dan 3
B.1, 3 dan 4
C.1, 3 dan 5
D.2, 4 dan 5
E.3, 4 dan 5

15.Salah satu peranan integrasi nasional dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah ….
A.menghilangkan segala perbedaan dengan kekerasan
B.menciptakan kesatuan dalam kemajemukan
C.mengikat masyarakat dalam semua aspek kehidupan
D.mewujudkan masyarakat yang adil dan bijaksana
E.membangkitkan semangat kebudayaan daerah agar menjadi yang terbaik

16.Perhatikan pernyataan berikut ini!
1.memicu timbulnya primordialisme
2.fanatisme kelompok
3.adanya gerakan separatisme
4.ketidakadilan
Yang merupakan faktor penghambat integrasi nasional adalah nomor ….
A.1 dan 2
B.1 dan 3
C.1 dan 4
D.2 dan 3
E.3 dan 4

17.Perhatikan penrnyataan berikut!
1.sebagai alat interaksi sosial
2.sebagai alat pemersatu
3.identitas suatu bangsa
4.sebagai bahasa ilmu pengetahuan
5.sebagai alat bantu bagi suatu negara
Yang merupakan fungsi bahasa adalah ….
A.1, 2 dan 3
B.1, 3 dan 4
C.2, 3 dan 4
D.2, 3 dan 5
E.3, 4 dan 5

18.Faktor yang menyebabkan adanya perbedaan dialek dalam bahasa Jawa Ngoko dengan bahasa Jawa Kromo adalah ….
A.dinamika sosial
B.status sosial
C.kelompok sosial
D.stratifikasi sosial
E.sifat kedaerahan

19.Salah satu faktor yang mempengaruhi adanya perbedaan dialek antara masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lain adalah ….
A.keragaman bahasa
B.tempat tinggal
C.keturunan
D.kebangsaan
E.lingkungan

20.Salah satu faktor penyebab terjadinya perbedaan bahasa dan dialek adalah ….
A.Perbedaan status sosial dalam kebudayaan suatu masyarakat tertentu
B.Penggunaan bahasa yang bertingkat-tingkat di masyarakat
C.Adanya hubungan antara bahasa dan kebudayaan setempat
D.Penggabungan dua dialek yaitu dialek daerah dan dialek sosial
E.Perbedaan cara pengucapan yang berkembang di masyarakat

21.Berikut ini yang dimaksud dengan tradisi lisan adalah ….
A.kebiasaan menyampaikan pesan kepada orang lain yang turun menurun
B.tradisi menjelaskan sesuatu dari satu generasi ke generasi berikutnya
C.kebiasaan sesuatu masyarakat untuk bertukar pikiran melalui dialok
D.tradisi masa lalu yang bercerita tentang sejarah leluhur
E.pesan lisan yang disampaikan dari mulut ke mulut sepanjang waktu

22.Salah satu usaha untuk menjaga keragaman bahasa daerah sebagai kekayaan nasional adalah ….
A.menyampaikan pesan terhadap generasi tertentu
B.memperkenalkannya kepada lingkungan masyarakatnya
C.melestarikan bahasa yang berkembang pada komunitas setempat
D.perlu adanya sosialisasi bahasa terhadap penuturnya
E.menjaga kelangsungan dan eksistensi berbahasa

23.Tradisi lisan setiap saat dapat berkembang, misalnya generasi pendahulu mewariskan pesan ke generasi sekarang dan tentunya akan diteruskan ke generasi berikutnya. Oleh karena itu, tradisi lisan dapat dianggap sebagai ….
A.contoh kebudayaan generasi pendahulu
B.pedoman mendidik anak dalam keluarga
C.hasil karya kebudayaan masa lalu
D.kesaksian lisan yang mengungkapkan masa lalu
E.penyampaian lisan tentang kebudayaan masa lalu

24.Kisah Malin Kundang yang durhaka kepaa ibunya dan dikutuk jadi batu, merupakan contoh tradisi lisan yang termasuk jenis ….
A.mite
B.dongeng
C.legenda
D.petuah
E.tradisional

25.Perhatikan pernyataan di bawah!
1.Seni itu muncul untuk mengungkapkan perbuatan dan perasaan kelompok
2.Lukisan yang dibuat berdasarkan aliran naturalis, realis dan grafis
3.Seni itu muncul mengungkapkan perbuatan dan perasaan individu
4.Patung berwujud nenek moyang dibuat dari rotan
Yang membedakan seni rupa murni dengan seni rupa terapan adalah nomor ….
A.1 dan 2
B.1 dan 3
C.1 dan 4
D.2 dan 3
E.3 dan 4

26.Salah satu contoh seni rupa tradisional sebagai sarana pemujaan terhadap dewa adalah ….
A.seni patung
B.seni lukis
C.seni musik
D.seni tekstil
E.seni film

27.Perhatikan pernyataan berikut!
1.Karyanya bercerita bernuansa perkotaan dan kosmopolitan
2.Tokoh utamanya biasanya laki-laki yang tertindas
3.Tokoh utamanya perempuan muda, lajang eksekutif
4.Karyanya bercerita bernuansa kedaerahan dan adat istiadat
Yang merupakan ciri karya sastra baru Angkatan Sastra Wangi adalah nomor ….
A.1 dan 2
B.1 dan 3
C.1 dan 4
D.2 dan 3
E.3 dan 4

28.Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1.tempat pertunjukan sifatnya harus sakral
2.pemilihan hari bersifat sakral
3.memerlukan pemain yang suci
4.menggunakan seperangkat sesaji
5.tujuan lebih dipentingkan daripada penampilan estetis
6.busana yang digunakan bersifat khas
Faktor-faktor di atas merupakan fungsi seni pertunjukan dalam hal ….
A.ritual
B.estetis
C.hiburan
D.pembentukan moral
E.komersil

29.Perhatikan ciri-ciri seni pertunjukan di bawah!
1.diawali dengan penyampaian kabar tentang keadaan tertentu
2.alur cerita berupa gurindam yang didendangkan seiring dengan gerak tari
3.terdapat dialog diantara sesama pemain
4.setiap gerakan diiringi padanan suaran peralatan karawitan
Ciri-ciri tersebut menggambarkan seni pertunjukan ….
A.Tor-tor di Sumatra Utara
B.Topeng Pajegan di Bali
C.Wayang Beber di Jawa Timur
D.Mak Yong di Riau
E.Randai di Minangkabau

30.Perhatikan pernyataan di bawah!
1.agama itu diturunkan oleh Tuhan dan diwartakan oleh Nabi
2.yang suci berbentuk aneka dewa-dewi atau roh leluhur
3.manusia menyerahkan diri dan hidupnya kepada Tuhan
4.agama itu diciptakan dan diajarkan olah manusia di dalam kelompok atau sukunya
Yang merupakan perbedaan paling mendasar antara agama wahyu dengan agama bumi adalah nomor ….
A.1 dan 2
B.1 dan 3
C.1 dan 4
D.2 dan 3
E.3 dan 4

31.Perhatikan pernyataan berikut!
1.agama berkembang dari satu kelompok
2.sebagai agama keluarga atau suku bangsa
3.agama universal bagi umat manusia
4.untuk menyembah pada Tuhan Yang Maha Esa
Yang merupakan 2 (dua) fungsi agama wahyu adalah nomor ….
A.1 dan 2
B.1 dan 4
C.2 dan 3
D.2 dan 4
E.3 dan 4

32.Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1.upacara perkawinan secara adat
2.memandikan keris setiap 1 Muharam
3.pura untuk tempat sembahyang umat Hindu di Bali
4.batu nisan leluhur yang disembah
5.ritual tujuh bulanan orang hamil
Yang termasuk ciri-ciri kepercayaan dinamisme adalah ….
A.1, 2 dan 3
B.1, 2 dan 5
C.1, 3 dan 4
D.2, 3 dan 4
E.3, 4 dan 5

33.Berikut ini yang merupakan pengertian sinkritisme adalah ….
A.agama baru selalu menggabungkan unsur agama lama
B.penggabungan praktek agama dengan budaya lokal
C.pengembangan agama menggunakan unsur-unsur kebudayaan
D.agama yang lahir di suatu tempat memiliki budaya tertentu
E.perpaduan ajarandan praktik agama yang berbeda

34.Contoh sinkretisme yang biasa dilakukan oleh masyarakat tertentu di Indonesia adalah ….
A.mayat di kubur sementara kemudian digali lalu dibakar
B.orang yang meninggal diadakan upacara kematian dan langsung dikubur
C.pemujaan roh leluhur dengan memakai dupa oleh etnis Cina
D.diadakan upacara bakar babi untuk menghormat roh leluhur pada suku Dani
E.berdoa dan memohon sesuatu dimakam pemuka agama

35.Contoh peranan iptek bagi perkembangan budaya bangsa adalah ….
A.menambah pendapatan perkapita masyarakat
B.meningkatnya daya tarik minat wisatawan internasional
C.meningkatnya jumlah lapangan kerja penduduk
D.menggeser nilai-nilai dan budaya lokal
E.mendorong pembangunan disegala bidang

36.Pengaruh positif perkembangan iptek di sekolah berkaitan dengan pengiriman tugas siswa melalui e-mail oleh guru tertentu berdampak positif bagi siswa yaitu ….
A.memudahkan siswa bekerjasama dengan orang lain
B.sarana komunikasi yang cepat dan efektif
C.dapat memanfaatkan media internet
D.efektivitas waktu dalam penyelesaian tugas
E.memudahkan interaksi dengan guru pengajar

37.Dampak positif iptek setelah diterimanya alat teknologi pertanian oleh masyarakat adalah ….
A.meningkatnya ekspor dan pendapatan petani
B.penggunaan pupuk buatan pada lahan pertanian semakin berkurang
C.merubah kebiasaan dan pola hidup petani
D.meningkatnya masyarakat untuk membeli lahan pertanian
E.beralihnya fungsi hutan menjadi lahan pertanian

38.Perhatikan pernyataan berikut ini!
1.berkembangnya pariwisata
2.pembangunan pabrik-pabrik
3.berkembangnya tarian kontenporer
4.berkembangnya jaringan telepon
Yang merupakan dampak kemajuan iptek di bidang budaya adalah nomor ….
A.1 dan 2
B.2 dan 3
C.2 dan 4
D.3 dan 4
E.1 dan 4

39.Salah satu dampak negatif perkembangan iptek di bidang pengobatan antara lain ….
A.adanya pengalihan dalam penggunaan bahan obat unsur kimia bahan alam
B.merebaknya toko-toko obat tradisional dengan pengobatan berbiaya murah
C.timbulnya malpraktek yang dapat menghilangkan nyawa seseorang
D.adanya perubahan pola hidup masyarakat dalam mengkonsumsi obat-obatan
E.di kalangan masyarakat bawah lebih percaya obat-obatan tradisional

40.Penggunaan LCD atau in-focus pada proses pembelajaran di sekolah berdampak positif dalam bidang pedidikan, yaitu ….
A.Meningkatkan kopetensi siswa sehingga tujuan pembelajaran tercapai
B.Mudah mengukur pengajaran yang telah disampaikan oleh guru
C.Membantu guru dalam menilai keberhasilan belajar siswa
D.Meningkatkan nilai ujian akhir siswa di sekolah masing-masing
E.Tercapainya standar penilaian pendidikan di suatu sekolah

1 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus